Pages

Sabtu, 29 Juni 2013

BEREBERAPA HIPOTESIS TENTANG ASAL USUL DAN PERSEBARAN MANUSIA DI KEPULAUAN INDONESIA

BEREBERAPA HIPOTESIS TENTANG ASAL USUL DAN PERSEBARAN MANUSIA DI KEPULAUAN INDONESIA
                                      
A. Hipotesis yang berkaitan dengan asal usul manusia
ü  Hipotesa pertama, menyatakan bahwa manusia purba awalnya berasal dari dari satu tempat dan dari situlah para manusia purba menyebar.
ü  Hipotesa kedua, yang menyatakan bahwa manusia berasal dari banyak tempat.
      Dari kedua hipotesa diatas, para ahli lebih cendrung pada hipotesa pertama.

B.  Hipotesa yang berkaitan dengan urutan kronologi homo yang                            
       Mendalami bumi.
       Secara umum urutan kronologisnya adalah dimulai dari:
Homo habilis – Homo erectus – homo sapiens. Ada yang berpendapat bahwa, pasti terdapat lebih dari satu spesies di zaman yang sama.

C. Hipotesis yang berkaitan dengan tingkat perkembangan ciri fisik &
   Perilaku homo.
     Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat kepaduan dalam hal perkembangan manusia yang berkaitan dengan anatomi (perkembangan biologis) seperti penguatan postur bipedal (berjalan dengan dua kaki) bertambahnya keluwesan tangan besarnya kapasitas tengkorak (volume otak) dan berkembangnya susunan gigi pengunyah dan penggiling pada manusia.
D. Hipotesis Hominid (manusia awal) de kepulauan indonesia.
      Tahun 1891 EUGENE DUBBOIS (belanda) mengawali rangakaian penemuan fosil manusia di luar eropa. Dubbois merubah sejarah antropologi sejak peristiwa bulan oktober 1891 didekat desa trinil, dilembah sunagi solo(ngawi, jawa timur). Ia menemukan tempurung kepala manusia yang menurutnya pithecanthropus erectus. Tempat – tempat utama temuan fosil manusia purba di jawa pada lapisan pucangan, grenzbank sambungmacan. Menurut H kern manusia yang mendiami kepulauan indonesia berasal dari daratan asia berdasarkan perbandingan bahasa yang umum di pakai di kepulauan indonesia. Sejarahwan brandes berpendapat bahwa manusia kepualauan indonesia memiliki kesamaan dengan manusia yang berada di daerah kepulauan memiliki kesamaan dengan manusia yang ada didaerah kepulauan farmosa, madagaskar dan pantai barat amerika.  sementara menurut N.J kroom manusia kepulauan indonesia berasal dari salah satu wilayah dicina bagian tengah.  

0 komentar:

Posting Komentar