Pages

Minggu, 24 Agustus 2014

Soal dan Pembahasan Tanggung Jawab Sosial Suatu Bisnis

1.      Jelaskan dan beri contoh dari ke-4 bidang perhatian tanggung jawab sosial!
1.a Tanggung jawab terhadap lingkungan
Perusahaan memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitarnya dimana usaha yang dijalankannya tidak berdampak terhadap lingkungan sekitarnya, misalnya tidak membuang limbah berbahaya sehingga  menyebabkan polusi udara, tanah, air, suara, dll.
1.b Tanggung jawab terhadap pelanggan
Perusahaan bertanggung jawab terhadap kualitas produk yang disediakan diimbangi dengan penetapan harga secara adil, misalnya pada perusahaan air minuman, bahan-bahan yang terkandung pada minuman tersebut harus sesuai dengan harga yang ditawarkan. Semakin berkualitas produknya makan mahal pula harganya, begitupun sebaliknya.
1.c Tanggung jawab terhadap karyawan
Perusahaan bertanggung jawab untuk memberikan kesempatan yang sama kepada para karyawannya tanpa memandang faktor-faktor suku, agama, dan ras. Perusahaan juga harus menyediakan lingkungan kerja yang aman, baik secara fisik dan sosial. Perusahaan wajib melindungi kesehatan para karyawannya , dan pemberian gaji atau upah yang sesuai, misalnya suatu perusahaan melihat dari kemampuan sesorang dalam bekerja, bukan melihat dari jenis kelamin maupun ras. Jika seorang wanita lebih berkompeten dalam bekerja daripada laki-laki, maka ia juga memiliki hak yang sama untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi.
1.d Tanggung jawab terhadap investor
Perusahaan berrtanggung jawab untuk membuat laporan keuangan sesuai dengan fakta-faktanya, misalnya perusahaan memberikan laporan keuangan tanpa adanya penyimpangan, seperti cek kosong, manajemen financial yang tidak wajar, insider trading

2.      Sebutkan dan jelaskan hak-hak konsumen!
2.a Konsumen memiliki hak atas produk yang aman.
Konsumen memiliki hak untuk memperoleh perlindungan atas keamanan produk dan jasa. Misalnya, makanan dan minuman yang dikonsumsi harus aman bagi kesehatan konsumen. Produk makanan yang aman berarti produk tersebut memiliki standar kesehatan, gizi dan tidak mengandung unsur yang dapat membayakan manusia baik dalam jangka pendek maupun panjang.
2.b Konsumen mempunyai hak mengetahui seluruh aspek yang berkaitan dengan suatu produk.
Konsumen memiliki hak untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang terdapat pada suatu produk yang akan dikonsumsinya. Sehingga konsumen tidak mengalami kerugian setelah membeli produk tersebut.
2.c Konsumen mempunyai hak untuk didengar.
Konsumen memiliki hak untuk didegarkan kebutuhan dan klaim, karena hak ini terkait dengan hak untuk memperoleh informasi.
2.d Konsumen memiliki hak untuk memilih apa yang mereka beli.
Konsumen memiliki hak untuk mengakses dan memilih produk/jasa pada tingkat harga yang wajar. Konsumen tidak boleh ditekan atau dipaksa untuk melakukan pilihan tertentu yang akan merugikan dirinya.
2.e Konsumen memiliki hak untuk mendapatkan informasi dalam hal pembelian.
Konsumen memiliki hak untuk memperoleh informasi yang sejelas jelasnya tentang suatu produk/jasa yang dibeli atau dikonsumsi. Informasi ini diperlukan konsumen agar saat memutuskan membeli tidak terjebak dalam kondisi resiko yang buruk yang mungkin timbul.
2.f Konsumen memiliki hak untuk mendapatkan layanan yang ramah.
Konsumen memiliki hak untuk mendapatkan layanan yang ramah, sehingga konsumen merasa puas dan tidak dirugikan.

0 komentar:

Posting Komentar