Pages

Jumat, 27 September 2013

Memahami Lingkungan Bisnis



Memahami Lingkungan Bisnis 

BAB 2 Ricky W. Griffin Edisi 8





Batas Organisasi

Batas Organisasi adalah batas yang memisahkan organisasi dari lingkungannya

Lingkungan Eksternal Perusahaan

1. Lingkungan Perekonomian


2. LingkunganTeknologi


3. Lingkungan Hukum-Politik


4. Lingkungan Sosial- Budaya


5. Lingkungan Global


6. Lingkungan Bisnis itu sendiri


7. Tantangan dan Peluang yang muncul


Lingkungan Ekonomi


1. Pertumbuhan Ekonomi


Jumlah Output


Standar Hidup


Produk Domestik Bruto


Produktivitas


2. Stabilitas Ekonomi


Inflasi

Pengangguran


Jumlah Output dan Standar Hidup


• digunakan dalam sistem ekonomi Jumlah Output : jumlah total barang/ jasa yang diproduksi oleh sebuah sistem ekonomi selama satu period tertentu

• Standar hidup : total kuantitas dan kualitas barang/jasa yang dapat dibeli oleh warga suatu negara dengan mata uang yang

Produk Domestik Bruto






1. Produk Domestik Bruto (GDP) : nilai total barang/jasa yang diproduksi dalam satu periode terentu oleh perekonomian nasional melalui faktorproduksi domestik

2. Produk Nasional Bruto (GNP) : total nilai barang/jasa yang diproduksi secara nasional oleh suatu negara dalam satu periode tertentu, terlepasdari di mana faktor produksi itu berada

3. Produk Domestik Bruto Riil (GDP Riil) : GDP yang dihitung untuk menanggapi perugahan nilai mata uang dan perubahan harga

4. Produk Domestik Bruto Nominal (GDP Nominal) : GDP yang diukur berdasar dolar atau semua komponen yang dinilai dengan harga sekarang

5. Keseimbangan Daya Beli : nilai tukar ditetapkan sedemikian rupa sehingga harga produk yang sama, dinegara berbeda kurang lebih sama
6. Produktivitas : membandingkan berapa banyak yang diproduksi oleh sistem, dengan berapa banyak penggunaan sumber daya yang dibutuhkanuntuk memproduksinya

7. Neraca Perdagangan : nilai ekonomis semua produk yang diekspor sebuah negara dikurangi nilai ekonomis produk yang diimpor

8. Hutang Nasional : jumlah uang yang harus dibayarkan pemerintah kepada kreditornya


Inflasi


• Inflasi : terjadinya kenaikan harga yang meluas di seluruh sistem ekonomi

• Mengukur Inflasi : dengan Consumer Price Index /CPI

Perubahan Indeks Harga

                             Perubahan Indeks Harga
   Angka Inflasi  =   ----------------------------------- X 100
                                    Indeks Harga Awal

Pengangguran

• Pengangguran : tingkat tidak adanya pekerjaan bagi orang yang secara aktif mencari pekerjaan dalam suatu sistem ekonomi

• Resesi : periode menurunnya jumlah output yang diukur oleh GDP riil

• Depresi : resesi yang parah dan berlarut-larut

Kebijakan dalam Mengelola Perekonomian

1. Kebijaksanaan Fiskal : kebijakan ekonomi pemerintah yang menentukan cara pemerintah mengumpulkan dan membelanjakan pendapatannya

2. Kebijaksanaan Moneter : kebijakan ekonomi pemerintah yag menentukan ukuran penawaran moneter suatu negara

3. Kebijaksanaan Stabilisasi : kebijakan pemerintah yang mencakup kegijakan fiskal dan moneter, yang bertujuan mengurangi fluktuasi output danpengangguran serta penstabilkan harga


Lingkungan Teknologi

1. Teknologi Produk dan Jasa


Memiliki produk berbiaya rendah


Memiliki produk yang paling maju


Menurunkan waktu siklus


2. Teknologi Proses Bisnis


Perencanaan sumber daya manusia

Lingkungan Hukum-Politik

Kondisi yang mencerminkan hubungan antara dunia bisnis dan pemerintah, biasanya dalam bentuk regulasi pemerintah (mis.: praktek perilkanan,pertimbangan keamanan dan kesehatan, standar perlaku bisnis, anti trust)


Lingkungan Sosial Budaya


Kondisi yang mencakup kebiasaan, adat istiadat, nilai dan karakteristik demografis masyarakat di tempat organisasi beroperasi

• Pilihan dan Selera Pelanggan (bervariasi, berubah sepanjang waktu, cara pandang terhadap organisasi)

• Perilaku Bisnis yang Bertanggung Jawab dan Sesuai dengan Etika (kasus Arthur Andersen – Enron 2002)

Lingkungan Bisnis


Lingkungan Bisnis : mengidentifikasi tantangan dan peluang yang timbul dalam lingkungan bisnis


Perusahaan yang paling sukses menjadi lebih ramping dengan berfokus pada kompetensi inti, yaitu ketrampilan dan sumber daya terbaik yangdigunakan organisasi untuk bersaing dan menciptakan paling banyak nilai bagi pemiliknya

Tantangan dan Peluang dalam Lingkungan Bisnis
Outsourcing : strategi membayar pemasok dan distributor untuk melaksanakan proses bisnis tertentu atau menyediakan barang atau sumberdaya yang dibutuhkan

Integrasi Vertikal : strategi untuk memiliki sarana yang digunakan organisasi untuk memproduksi barang dan jasa

Viral Marketing (Pemasaran Gaya Virus) : Strategi penggunaan pemasaran internet dan omongan dari mulut ke mulut untuk menyebarkaninformasi produk
Manajemen Proses Bisnis : Pendekatan yang ditempuh perusahaan untuk beralih dari organisasi berorientasi-departemen ke struktur tim yangberorientasi proses yang melintasi batas-batas departemen

0 komentar:

Posting Komentar