BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Defenisi, Karakteristik dan
Fungsi Pelaporan Kinerja Organisasi Sektor Publik
2.1.1. Pengertian Pelaporan Kinerja
Pelaporan
kinerja merupakan refleksi kewajiban untuk mempresentasikan dan melaporkan kinerja
semua aktivitas dan sumber daya yang perlu dipertanggungjawabkan. Pelaporan ini
merupakan wujud dari proses akuntabilitas. Entitas yang mempunyai kewajiban
membuat Pelaporan Kinerja Organisasi Sektor Publik dapat diidentifikasi sebagai
berikut: pemerintah pusat, pemerintah daerah, unit kerja pemerintahan, dan unit
pelaksana teknis. Pelaporan tersebut diserahkan ke masyarakat secara umum dan
Dewan Perwakilan Rakyat, sehingga masyarakat dan anggota DPR (user) bias menerima informasi yang
lengkap dan tajam tentang kinerja program pemerintah serta unitnya.
2.1.2. Karakteristik Pelaporan Kinerja
Organisasi Sektor Publik yang Berkualitas
Focus
pada Hal-hal yang Penting
Dalam
memenuhi akuntabilitas publik, pemerintah melaporkan kinerja secara detail.
Berbagai fakta lapangan yang penting harus dipilah sebelum pelaporan disusun,
karena banyak hal yang penting sering mengaburkan fokus pelaporan. Jadi,
pemilahan informasi yang relevan perlu dilakukan. Kriteria kualitas informasi
pelaporan yang dipercaya dan hanya menyajikan hal-hal yang penting dapat
dipilah menjadi tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
- Mengetahui Apa yang Dianggap Penting oleh User.
Pelaporan
kinerja yang baik dicerminkan dengan pemahaman pemakainya tentang: (1) hal-hal
yang penting diketahui (2) apa yang dapat dilakukan dengan laporan kinerja
tersebut: dan (3) bagaimana menggunakan laporan tersebut. Dalam hal ini,
perubahan kebutuhan dan permintaan pemakai harus selalu diikuti. Jadi, target
penyusun laporan kinerja publik adalah laporan yang dapat dipercaya, dapat
dipahami, dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pemakainya.
Komunikasi
dua arah antara penyusun dan pemakai laporan sangatlah penting. Tanggung jawab
penyusun laporan bukan hanya apa yang akan disajikan kepada publik, tetapi juga
membantu pemakai untuk memahami informasi dan menggunakannya secara efektif.
Jadi, laporan yang berkualitas dapat diinterpretasikan sebagai laporan yang
komunikatif.
Memuat informasi tentang tujuan utama Pelaporan Untuk versi lengkap makalah silahkan dowload di >> Pelaporan kinerja organisasi sektor publik
0 komentar:
Posting Komentar