Pages

Selasa, 18 Agustus 2015

Akuntansi Perguruan Tinggi dan Rumah Sakit

BAB II

PERGURUAN TINGGI

 

2.1.            Akuntansi Universitas ( Perguruan Tinggi )

Akuntansi universitas adalah proses yang terdiri dari identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi universitas yang berguna dalam penilaian dan pengambilan keputusan mengenai usaha atau kegiatan universitas. Kegiatan akuntansi universitas meliputi pengidentifikasian dan pengukuran data yang relevan untuk suatu pengambilan keputusan, pemrosesan data yang bersangkutan kemudian pelaporan informasi yang dihasilkan, dan  pengkomunikasian informasi kepada pemakai laporan.


Dalam peraturannya, universitas dikelompokkan menjadi dua yaitu:
1.             Universitas yang dikelola pihak swasta (Private University). Dalam hal ini pelaksanaan akuntansinya dilaksanakan berdasr standar akuntansi yang dikembangkan oleh Financial Accounting Standards Board – FASB (Dewan Standar Akuntansi Keuangan) khususnya dalam pernyataan (FASB Statement) No. 117 tentang Laporan Keuangan untuk Organisasi Nirlaba.

2.             Universitas yang dikelola Pihak Pemerintah (Public University). Dalam hal ini pelaksanaan akuntansinya dilaksanakan berdasar standar akuntansi yang dikembangkan oleh Govermental Accounting Standars Board – GASB (Dewan Standar Akuntansi Pemerintahan) khusunya dalam pernyataan (GASB Statement) khusunya dalam pernyataan (GASB Statement) No. 15 tentang “Model Pelaporan Keuangan untuk Universitas”. 


2.2.            Struktur dana Universitas


Struktur dana untuk universitas terdiri atas :
1.Dana Lancar (Currents Funds)
2. Dana Pinjaman (Loan Funds)
3. Dana Abadi ( Endowment Funds)
4. Dana Anuitas dan Pensiun (Anuity and Life Income Funds)
5. Dana Pembangunan (Plants Funds)

Dana Lancar (Current Funds) adalah dana yang didirikan oleh universitas untuk mengelola kekayaan atau sumber daya (resource) yang akan digunakan dalam rangka membiayai kegiatan operasional sehari-hari. Current Funds . . .

Untuk versi lengkap makalah silahkan dowload di >> Makalah.rar

0 komentar:

Posting Komentar