Pages

Selasa, 18 Agustus 2015

Pelaporan Kinerja Organisasi Sektor Publik

BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Defenisi, Karakteristik dan Fungsi Pelaporan Kinerja Organisasi Sektor Publik
2.1.1. Pengertian Pelaporan Kinerja
Pelaporan kinerja merupakan refleksi kewajiban untuk mempresentasikan dan melaporkan kinerja semua aktivitas dan sumber daya yang perlu dipertanggungjawabkan. Pelaporan ini merupakan wujud dari proses akuntabilitas. Entitas yang mempunyai kewajiban membuat Pelaporan Kinerja Organisasi Sektor Publik dapat diidentifikasi sebagai berikut: pemerintah pusat, pemerintah daerah, unit kerja pemerintahan, dan unit pelaksana teknis. Pelaporan tersebut diserahkan ke masyarakat secara umum dan Dewan Perwakilan Rakyat, sehingga masyarakat dan anggota DPR (user) bias menerima informasi yang lengkap dan tajam tentang kinerja program pemerintah serta unitnya.

2.1.2. Karakteristik Pelaporan Kinerja Organisasi Sektor Publik yang Berkualitas
Focus pada Hal-hal yang Penting
Dalam memenuhi akuntabilitas publik, pemerintah melaporkan kinerja secara detail. Berbagai fakta lapangan yang penting harus dipilah sebelum pelaporan disusun, karena banyak hal yang penting sering mengaburkan fokus pelaporan. Jadi, pemilahan informasi yang relevan perlu dilakukan. Kriteria kualitas informasi pelaporan yang dipercaya dan hanya menyajikan hal-hal yang penting dapat dipilah menjadi tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
  1. Mengetahui Apa yang Dianggap Penting oleh User.
Pelaporan kinerja yang baik dicerminkan dengan pemahaman pemakainya tentang: (1) hal-hal yang penting diketahui (2) apa yang dapat dilakukan dengan laporan kinerja tersebut: dan (3) bagaimana menggunakan laporan tersebut. Dalam hal ini, perubahan kebutuhan dan permintaan pemakai harus selalu diikuti. Jadi, target penyusun laporan kinerja publik adalah laporan yang dapat dipercaya, dapat dipahami, dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pemakainya.
Komunikasi dua arah antara penyusun dan pemakai laporan sangatlah penting. Tanggung jawab penyusun laporan bukan hanya apa yang akan disajikan kepada publik, tetapi juga membantu pemakai untuk memahami informasi dan menggunakannya secara efektif. Jadi, laporan yang berkualitas dapat diinterpretasikan sebagai laporan yang komunikatif.
Memuat informasi tentang tujuan utama Pelaporan 

Untuk versi lengkap makalah silahkan dowload di >> Pelaporan kinerja organisasi sektor publik

0 komentar:

Posting Komentar