Pages

Rabu, 19 Agustus 2015

REPRESENTASI TERTULIS

Tinjauan Umum

Salah satu tanggung jawab manajemen ketika ia menandatangani surat perikatan (engangemernt letter) ialah mengonfirmasi ekspektasi auditor untuk menerima penegasan tertulis (written confirmation) mengenai representasi yang dibuatnya sehubungan dengan perikatan audit
Selama berlangsungnya audit, manajemen membuat sejumlah representasi lisan kepada auditor, yang dapat digunakan sebagai buku audit yang menguatkan prosedut audit lainnya. Pada akhir penugasan, representasi lisan harus dimasukkan dalam surat pernyataan tertulis (written representation letter) yang diperoleh darimanajemen, dan jika perlu, dari TCWG (those charge with governance).
Surat representasi berisi pernyataan tertentu dan keyakinan manajemen (management’s belief) bahwa:
·         Ia memenuhi tanggung jawabnya atas pembuatan laporan keuangan;
·         Informasi yang diberikan kepada auditor sudah lengkap.
Surat representasi diperoleh menjelang akhir atau mendekati, tetapi tidak sesudah, tanggal laporan auditor atas laporan keuangan.Pernyataan tertulis mencakup seluruh laporan keuangan dan seluruh periode yang disebutkan dalam laporan auditor.
Representasi tertulis dari manajemen tidak boleh digunakan sebagai:
·         Pengganti pelaksanaan prosedur audit lainnya;
·         Satu- satunya sumber bukti untuk masalah audit yang signifikan
BUTIR PERTIMBANGAN

Siapa yang menandatangan surat itu?
Untuk penugasan audit yang dipandang berisiko tinggi, pertimbangkan memperoleh lebih dari satu tanda pada surat pernyataan. Contoh, surat pernyataan dapat ditandatangani pemilik merangkap pengelola (owner- manager) dan anggota kunci dari tim manajemen.

Representasi sebagai bukti
Representasi tertulis saja, tidak memberikan bukti yang cukup dan tepat mengenai hal- hal yang dicakupnya. Fakta bahwa manajemen memberikan representasi tertulis yang handal, tidak berdampak terhadap sifat atau luasnya bukti audit lainnya yang diperoleh auditor mengenai pemenuhan tanggung jawab manajemen, atau mengenai suatu arsesi tertentu.


Representasi Manajemen

Representasi manajemen bisa dalam bentuk lisan maupun tertulis.Representasi . . .

Untuk versi lengkap makalah silahkan dowload di >> REPRESENTASI TERTULIS

0 komentar:

Posting Komentar